SISTEM KOMPUTER PERANGKAT KERAS - Apollonia Crystal/7C/3

SISTEM KOMPUTER

1. PERANGKAT KERAS (Input Devices)

Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai perangkat masukan (input), keluaran (output), pemroses (processor), memori dan penyimpanan (storage).

MOUSE atau TETIKUS : Digunakan untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor di layar komputer. Pengoperasian mouse dapat dengan beberapa cara:


  1. -Tunjuk (point)
  2. -Klik kiri (left click)
  3. -Klik kanan (right click)
  4. - Seret (drag) 

KEYBOARD : Merupakan alat yang memungkinkan penggunaannya memasukkan karakter (charcater) ke dalam komputer. Karakter tersebut beberapa huruf, angka, dan simbol. Keyboard konvesional memiliki beberapa kelompok tombol berikut:


  1. -Typewriter keys
  2. -Functional keys
  3. -Numeric keypad
  4. -Cursor control keys
  5. -System keys
  6. -Application keys
  7. -Enter keys
  8. -Other

Jenis jenis keyboard:

-Keyboard QWERTY

-Keyboard DVOARK

-Keyboard klockenburg

-Keyboard maltron

-Keyboard virtual

SCANNER : Digunakan untuk memindai dan menyalin data dari kertas berisi grafik, gambar, foto, atau tulisan menggunakan alat pembaca optical data reader.


JOYSTICK : Digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan/game video yang menggunakan lebih dari satu tombol. Digunakan untuk menggerakkan kursor pada layar permainan.


Elemen-elemen pada joystick:

  1. Stick/tuas
  2. Base/alas
  3. Trigger/pemicu
  4. Sakelar autofire
  5. Sakelar throttle
  6. Sakelar tapi (pov hat)
  7. Cangkir penyedot

MICROPHONE : Adalah peranti yang mengonversi suara menjadi sinyal elektrik. Digunakan untuk memasukan suara ke komuter dan direkam sebagai perintah untuk komputer, atau diteruskan melalui media komunikasi antarkomputer.


BARCODE READER: (Barcode scanner) : Adalah pemindai optis yang dapat membaca barcode yang terletak, mengubah kode bar tersebut menjadi data elektrik dan mengirim ke komputer dengan format data yang sederhana.


2. PEMROSES

Data atau pemerintah yang diterima dari perandi masukan selanjutnya akan diproses oleh komputer. Pemroses ini terdiri atas banyak komponen, yaitu seperti berikut.

a.) UNIT PUSAT PEMROSESAN (Central Processing Unit)

Central Processing Unit (CPU) aalah bagan utama dari komputer yang bertugas untuk melaksanakan keseluruhan operasi yang dilakukan oleh komputer seperti operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/utama, dia antaranya register, unit kendali/Control Unit (CU), dan unit logi artimatika/Arrthmetic-Logic Unit (ALU).


CPU merupakan otak dan jantung fisisk dari sistem komputer yang menghubungkan dengan berbagai peralatan periferal, termasuk peranti input/output dan unit penyimpanan sekunder.

b.) RANDOM ACCESS MEMORY (RAM) dan READ ONLY MEMORY (ROM)

Peranti tersebut tertanam pada main board/motherboard komputer, yang terdiri atas: Random Access Memory (RAM) dan Read Only Mmemory (ROM).

- Random Access Memeory (RAM) Ram adalah jenis memori sangat cepat yang digunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer memproses data atau mengeksekusi perintah.


- Read Only Mmemory (ROM) Rom adalah memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer untuk proses booting, instruksi data yang disimpan oleh ROM disebut firmware.


3. ALAT OUTPUT (OUTPUT DEVICE)

LAYAR MONITOR: Layar monitor berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data di komputer, seperti gambar teks angka grafik dan sebagainya. Ada beberapa jenis monitor yang bisa digunakan seperti Cathode Ray Tube (CRT), Liquid Crystal Display (LCD), dan Light Emitting Diode (LED).


PRINTER: Printer digunakan untuk mencetak gambar, foto, dokumen dalam bentuk media kertas dan ada beberapa jenis printer yakni masih digunakan diantaranya printer dot matrix, inkjet, laserjet, plotter.


SPEAKER: Alat untuk menghasilkan suara dari komputer seperti musik percakapan di film dan efek suara lainnya dinamakan speaker.


4. PERANTI PENYIMPANAN SEKUNDER (SECONDARY STORAGE DEVICE)

.m penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data elektrik yang bersifat permanen data yang disimpan pada penyimpanan sekunder dapat bertahan lama dan dapat dimanfaatkan kembali oleh penggunaannya saat dibutuhkan.

HARD DISK DRIVE (HDD) Adalah media penyimpanan data dalam lapisan magnet pada piringan bulat (cakram) disk tipis. Bersifat non-volatile.




SOLID STATE DRIVE (SDD) Adalah peranti penyimpanan data dengan solid-state yang menggunakan flash memory, SSD tidak memiliki disk, pemutar fisik, dan head untuk baca tulis yang biasa digunakan pada HDD.


FLASH DRIVE Berfungsi sebagai alat penyimpanan data secara permanen yang portable.


COMPACT DISC (CD) Cd adalah penyimpanan data cakram optik digital, awalnya digunakan untuk menyimpan dan memutar rekaman audio digital (CD-DA), tetapi kemudian diadaptasi untuk penyimpanan data (CD-ROM).




MEMORY CARD (SD CARD) Berfungsi seperti layaknya hard disk pada komputer yang digunakan pada peranti portabel seperti smartphone, kamera digital dan tablet.


TEKNOLOGI PENYIMPANAN AWAN (CLOUD STORAGE) Merupakan metode penyimpanan dat di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan internet atau Internet Service provider (ISP).


5. PERANTI LAINNYA

MOTHERBOARD/MAINBOARD Merupakan sirkuit utama yang menghubungkan peranti-peranti pada komputer. Digunakan sebagai temapt untuk memasang processor, memori, harddisk, dan komponen lainnya.


VGA (VIDEO GRAPHIC ARRAY) CARD Merupakan peranti komputer yang berfungsi untuk memproses keluaran dari CPU untuk ditampilkan ke layar monitor.


SOUND CARD Merupakan alat yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal suara ke speaker.


GRAPHICAL PROCESSING UNIT (GPU) Adalah sirkuit elektronik khusus yang diranvang untuk mempercepat pemuatan gambar keluaran ke peranti tampilan komputer.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALGORITMA tentang cara membikin Teh dan cara membikin Puding, APOLLONIA CRYSTAL 7C/3

Pengertian dan Symbol Flowchart Apollonia Crystal 7C/3